Pengertian FTP
File Transfer Protocol (FTP) adalah protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Dalam FTP harus ada FTP Server dan FTP Client.
FTP Server adalah suatu server yang menjalankan software yang memberikan layanan tukar menukar file dengan selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat request dari FTP client.
FTP Client adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tukar menukar file. Jika terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename, men-delete, dll sesuai dengan izin yang diberikan oleh FTP server.

FTP sebenarnya tidak aman dalam mentransfer suatu file karena file dikirimkan tanpa di-enkripsi terlebih dahulu tetapi bila menggunakan SFTP (SSH FTP) yaitu FTP yang berbasis pada SSH atau menggunakan FTPS (FTP over SSL) sehingga data yang akan dikirim dienkripsi terlebih dahulu.


Membuat FTP Site
1. Buka Internet Information Service melalui tombolStart>Administrative Tools pada dialog IIS Manager, klik kanan FTP Site>New>FTP Site
2. Klik Next pada FTP Site Creation Wizards

3. Isi keterangan untuk FTP Site pada Description dan klik Next.
4. Masukkan IP Address dan TCP Port FTP Site, klik Next untuk melanjutkan.
5. Biarkan pilihan Default pada Do Not Isolate Users, klik Next
6. Masukkan Path untuk FTP SiteNext
7. Berikan Access Read and Write pada FTP Server dan klik Next
8. Klik Finish untuk mengakhiri pendefenisian FTP Site Anda

Test FTP Site
Bukalah Internet Explorer pada URL, ketikkan:
- ftp:// alamat ip-nya
- ftp:// nama host-nya
- ftp:// nama domain-nya